Selasa, 20 September 2016

Mukena Jangan Sampai Menganggu Kekhusyuan

Kamu suka jenis mukena yang kayak mana? Kalo saya sedari kecil suka mukena dari kain katun lalu dibordir dengan warna benang yang cantik-cantik. Begitu sudah terlihat mewah. Sampai saat ini saya juga masih menyukai mukena jenis ini.

www.maminani.com
Saya sebenarnya kurang suka dengan mukena berbahan lain yang kadang berwarna-warni full motif entah motif bunga-bunga, batik dan semacamnya. Apalagi mukena tipis warna-warni yang menerawang saya juga sebenarnya kurang suka meskipun ketika bepergian satu-dua kali saya juga mengenakan itu. Kecuali ditempat sholat yang ada sudah tersedia mukena yang lebih tebal maka saya akan memilih mukena yg lebih tebal di tempat tersebut daripada yang saya bawa sendiri.

Yaaah, kesukaan orang memang berbeda-beda. Mau pakai mukena seperti apa monggo. Yang penting tidak menyimpang dari syariat. Menutup aurat dan tidak menganggu kekhusyukan sholat kita.
Tetapi jujur untuk mukena yang bergambar tokoh karakter kartun dan semacamnya ditambah lagi dengan tulisan-tulisan saya kurang toleran dengan yang satu ini.

Kisah ini saya temukan beberapa minggu lalu ketika sholat hari raya idul adha. Yang benar saja. Ketika sholat didepan saya ada anak kecil berjalan-jalan mengenakan mukena bergambar tokoh animasi froz*n kemudian ada tulisannya. Kan ngganggu konsentrasi banget pas saya lagi sholat tiba-tiba baca itu. Dan kalian semua pasti tahu kan kalau tokoh di animasi film itu memiliki rambut panjang terurai dan tokoh itu tidak berjilbab? (yaa keles tokohnya pakai jilbab haha..)

Duh saya udah ngga ngerti lah jaman sekarang ini. Aneh-aneh wae. Pasti  yang baca ini ada yang berkomentar, “Berarti sholatmu ngga khusyu ya? Kok bukannya menunduk malah baca tulisan froz*n?”

Boleh anda berkomentar seperti itu, saya akan menjawab singkat. Sederhananya di dunia ini siapa sih yang sholatnya bisa khusyu selain nabi Muhammad s.a.w? Kita semua bisanya hanya berusaha khusyu (wajib berusaha khusyu). Tapi ya apa daya kalau ada anak kecil yang belum begitu paham tentang sholat seliwar-seliwer di depan barisan kita sholat dengan menggunakan mukena bertuliskan judul-judul film animasi? Ya Alloh ampuni saya karena kekhusyuan saya pasti terganggu karena kemampuan saya untuk berusaha khusyu masih terbatas.

Boleh saja memberikan mukena lucu yang bisa membuat  anak untuk lebih termotivasi lebih rajin sholat. Niat orang tua memang baik. Selalu baik, saya tahu itu. Tetapi tolong dilihat lagi yaaa bagaimana yang seharusnya dan tidak seharusnya.


Tidak ada komentar: