Kamis, 29 Januari 2015

Memungut Tujuan Hidup dalam Tumpukan Sampah

Pesan sebelum membaca : *Abaikan kata mantan*

“Today I don’t feel like doing anything. I just wanna lie in my bed.”

Ada yang tau sepintas soal lagu ini? Kalau tau berarti SELAMAT! Kamu gahoel banget, bro! Bahahaha. Kalo ngga tau mending tingkatkan lagi deh taraf kegaulanmu terhadap lagu international.

Yup! Itu tadi lagunya Bruno Mars. Artinya pokoknya “aku cuma mau males-malesan aja hari ini”. Stay di zona nyaman atau bahasa gahoelnya comfort zone. Berada di zona nyaman emang enak. Enak banget malah. Santai-santai, nunda pekerjaan, banyak tiduran, nonton TV, maen ngalor-ngidul.

Tugas? Nanti dulu deh. Skripsi? Skip dulu aja. Laporan? Bentaran dulu lah yaa.. Ngale-ale dulu. Tapi kadang-kadang ngale-alenya malah kebablasan. Terlalu menikmati suasana. Trus kalau udah terlanjur terkungkung dalam comfort zone gimana dong? Bisa bahaya nih. Mengurangi produktivitas.

Mungkin kita bisa pikirkan mengenai tipsnya. Coba deh diingat-ingat lagi tujuan dalam hidup kamu. Sebenernya apa sih yang kamu pengenin. Sori, kita ngga ngomongin tujuan hidup nikah ya disini.

Oke. Sekarang anggap kamu udah inget sama tujuan hidupmu yang telah dengan teganya kamu selipkan ditumpukan sampah di sudut memori kamu. Halah! Hahahaha. Jangan cuma mantan aja yang diinget keles.

Udah inget? Trus sekarang coba deh diinget-inget siapa aja sih yang ngedukung tujuan hidup kamu? Orang tua? Bapak? Ibuk? Papa? Mama? Kakak? Adik? Semuaaa deh! Atau mungkin Pacar juga? Tjieeeee.. Gue sih jomblo. Hiks. Hahahaha.

Mereka yang bener-bener mendukungmu dari awal, nggak cuma sekedar basa-basi bilang “semangaaat yaaa!” Tapi juga diam-diam mendoakanmu dalam ibadah mereka. Bayangin dong, mereka yang dengan seriusnya ngedukung kamu tapi kamu malah asik-asik ngale-ale kayak lagunya Bruno Mars tadi? Kasian kan. Kamu nggak tau seberapa banyak butiran keringat segedhe jagung yang keluar dari kulit basah orang tuamu? Seberapa banyak busa yang mereka keluarkan untuk menasehati dan menyemangatimu. Seberapa banyak uap yang dikeluarkan saat mendoakanmu? Dihitung coba deh IWLnya (Insensible Water Loss). Pikirkanlah.

Nah! Inget tujuan hidup, udah. Inget yang ngedukung, juga udah. Inget mantan, SKIP! Sekarang biar nggak cuma sebetas diinget-inget doang, yuk pelan-pelan direalisasikan dalam wujud nyata. Perlahan-lahan semua yang berkaitan dengan tujuan hidup kita diletakkan di prioritas utama. Yang lainnya entar dulu deh. Misalnya pengen jadi perawat gagah berani yang tak takut mati (ahahahaha-apa banget ini mah). Berarti ya prioritas utamanya, belajar praktek skills dengan baik. Kerjain laporan-laporannya.

Bohong bin Gombal banget emang kalo ngga ngerasa jenuh. Apalagi pas banyak-banyaknya tugas yang musti dilakuin. Dikejar deadline pula! Aduh, pucing kepala nih.

Tapi kejenuhan pun ada obatnya keles! Kayak hati aku yang jenuh terus ada kamu sebagai obatnya gitu deh. Njiyeee. Hahaha.

Kalau kamu mulai merasa jenuh, main boleh lhooo. Luangkan waktu sejenak buat me-time. Dengerin music, nonton TV, baca buku hiburan asal jangan majalah porno hahaha. Atau mungkin Q-time sama temen. Haha-hihi bareng. Tapi jangan kelewatan juga keles. Ntar mbalik ke kungkungan comfort zone lagi haha. Asal nggak balik ke mantan aja sih. Loh? Kok jadi mantan lagi? Haha.

Sama satu hal lagi yang jitu. Kalau merasa bosan dan penat meng-adu-lah pada Tuhan. Kalau terasa perjalanan melelahkan meng-aduh-lah pada Tuhan. Dia pendengar yang paling setia loh. 24 jam kali 7 hari. Available. Juga doakanlah sesekali orang-orang yang mendukung selalu tujuan hidupmu. Doakanlah mereka sabar menanti kamu meraih mimpi. Sedikit lagi. Katakanlah pada dirimu sendiri sampai menghela napas dalam, "Sedikit lagi, sedikit lagi aku sampai" J

Jadi lagunya udah ganti dong yaaa sekarang. Jadi gini nih “This is gonna be the best day of my lifeee!” Tuh kan! Nggak ngerti lagi sama lagunya! Ngga gahoel deh hahaha.



Tidak ada komentar: