Jumat, 25 Mei 2012

Insya Allah yaa.. ^_^

Assalamu’alaikum..

Alkisah dulu sewaktu aku masih kecil.. Hehe..
“Besok maen yuk.” ajakku penuh harap.
“Ya, Insya Allah.” jawab temanku.
Besoknya saat kutunggu ternyata dia nggak dateng.. Huh! >_< beteg rasanya. Lain hari ketika aku menanyakan dia bilang begini nih :
“Kan aku kemarin udah bilang Insya Allah.” begitu katanya.

Jadi apakah ketika bilang Insya Allah berarti bisa dengan mudah mengingkari janji?!
Lalu sejak saat itu, ketika membuat janji dengan orang lain aku jadi sebel kalau mereka jawab, “Insya Allah yah.” Itu pasti ngalamat bahwa mereka akan mengingkari janji mereka. Dan memang sering sekali seperti itu. Jadi aku sempet anti kata “Insya Allah” untuk beberapa saat. (maap ya Allah, maap. ^_^V)

Aku selalu bertanya-tanya mengapa kebanyakan dari mereka selalu salah mengerti dengan kata “Insya Allah”? Banyak orang yang sudah mengucap “Insya Allah” berarti mereka sudah aman, jika mereka hendak melanggar janji. Kalau ditanya kan tinggal bilang aja, “kan kemarin aku bilangnya Insya Allah”. Padahal “Insya Allah” itu artinya 90% lebih IYA.

Jadi apa sih sebenarnya arti dari kata Insya Allah itu???
Jadi “Insya Allah” itu artinya “Jika Allah menghendaki”. Terkadang kita tidak menepati janji bukan karena Allah SWT tidak mengehendaki, tetapi karena memang kitanya aja yang tidak memiliki “kehendak” untuk menepati janji kita. Jadi diinget yah, “Insya Allah” itu artinya “Jika Allah menghendaki” BUKAN “Jika aku menghendaki”. Jika aku menghendaki ya aku tepati, kalau aku nggak menghendaki ya aku nggak akan tepai janji itu.

Kemudian aku menemukan ayat ini (Surah AL-KAHFI) :
23 : “Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi,”
24 : kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat (kebenarannya) dari pada ini."

Jadi, nggak boleh anti lagi dengan kata “Insya Allah”. Dan juga jangan lagi salah mengenai arti kata “Insya Allah”.
Ayoooo.. Dirubah mindset-nya ^_^V
Wassalamu’alaikum..

2 komentar:

badkotempel mengatakan...

Insya Allah

almaidah mengatakan...

heheheh..