Sabtu, 13 September 2014

Supaya kamu berhenti bertanya "Kapan?"

Awalnya sih dengerin pertanyaan “Kapan?” ini nggak begitu ngeganggu kehidupan gue. Sampai akhirnya negeri api menyerang. Loh?! Fokus! Fokus!

Biasanya orang sering banget kepo nanya-nanya “Kapan lulus?”, “Kapan wisuda?”, “Kapan nikah?”, “Kapan punya anak?”. Sekali dua kali sih nggak papa ya kalo mau tanya kayak begituan. Tapi lama-lama ngeselin juga. Lo nanya apa mau ngajak berantem sih?!

Gue mulai ngerasa annoying dengan pertanyaan ini adalah ketika gue mulai beranjak dewasa (halah). Saat-saat tahun terakhir gue kuliah dan mulai kerja ekstra buat nyelesain skripsi, di masa-masa ini nih banyak banget temen-temen yang tanya “Kapan ujian hasil?”, “Kapan pendadaran?”, “Kapan sidang?”. Bikin gue pengen nyanyi dangdut “Pak hakim dan pak jaksa.. Kapan saya kan disidang?!”

Kepo banget deh! Saat itu pikir gue pengen banget jawab gini “Nanya mulu, bantuin juga kagak lu!”. Kenapa coba daripada nanya “Kapan pendadaran?”, mbok iyao nawarin “Apa yang bisa kubantuin?”. Deuh manis banget orang kayak gini mah.

Sampe PP di facebook gue, gue ganti pake tulisan “Ojo takon kapan aku ujian hasil!” yang artinya dalam bahasa indonesia “Jangan tanya kapan aku ujian hasil!”

Setelah gue berhasil nempuh sidang pendadaran, banyak lagi orang pada nanya “Kapan wisuda?”. Kalo yang satu ini mah masih agak bisa ditoleransi pertanyaannya yah. Setelah wisuda ini, gue masih nempuh koas perawat nih. Masih juga banyak yang tanya “Lho bukannya udah wisuda?”. Masih harus narik napas panjang gue harus ngejelasin perlahan-lahan kalau gue masih harus nempuh pendidikan ners keperawatan selama 15 bulan lagi.

Berganti lagi dengan pertanyaan lain. Ini nih yang kadang paling bikin beteg. “Kapan nikah?”. Yaeah brai, gue masih kinyis-kinyis gini. Bentar dulu. Dan parahnya kadang nggak cuma satu orang dan cuma sekali nanyanya. “Kapan nikah?”, aduh emang situ mau nyumbang berapa sih? (Ups). “Kapan nikah?” emang situ mau nyariin jodoh?

Bagi si penanya mungkin emang terasa biasa aja. “Ya gue kan cuma nanya doang!”. Elo emang nanyanya cuma sekali dua kali. Tapi banyangin deh kalo elo jadi orang di posisi yang selalu ditanyain. Bukan cuma elo yang tanya sama dia. Orang lain juga. Dan harus berkali-kali juga dia ngejelasin, ngejawab, mencari alasan untuk menutupi rasa malu. Sampe kezel tau.

Jadi tanamkanlah rasa kasihan pada orang-orang semacam ini. Termasuk gue. Bahahaha. Nanya boleh, tapi jangan rese. Kalo bisa kasih solusi. Dan jangan tersinggun setelah baca ini.

Jadi, wahai pembaca, “Kapan kamu nikah?” :D Iyaaa.. Kamu!

Tidak ada komentar: